Lensa Pelancong : Pariwisata, Rental Mobil, Travel Agent, Hotel, Kuliner, Restoran | Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Candi, Wisata Sejarah, Wisata Religi dll Portal Media untuk Nusantara

MENGENAL 3 JENIS HIDANGAN KHAS INDIA PALING LEZAT




MENGENAL 3 JENIS HIDANGAN KHAS INDIA PALING LEZAT
Masakan India merupakan sekumpulan hidangan khas dan unik dari beberapa kawasan di anak benua India. Ciri khas hidangan ini adalah menggunakan berbagai rempah - rempah khas India dan hidangan vegetarian berupa sayur - mayur yang tumbuh subur di India. Masakan India adalah cerminan keanekaragaman iklim, demografi, maupun agama.
Pengaruh imigrasi dan percampuran budaya yang terus berubah secara terus menerus di India selama ribuan tahun yang lalu dan kondisi iklim di India yang berbeda - beda menurut anak benua India, seperti daerah yang beriklim tropis atau daerah beriklim sejuk dan dingin seperti pegunungan Alpen, telah menjadikan India sebagai salah satu negara penghasil atau penyedia beraneka ragam bahan makanan dan hidangan lezat.

Bagi penduduk India, makanan juga merupakan simbol keagamaan dan identitas sosial karena terdapat beraneka ragam tabu dan pelarangan. Seperti penganut Jainisme, tidak diperbolehkan makan akar - akaran atau umbi tanaman dari sembarang tanah. Penganut Hindhu dan Budha adalah para vegetarian ketat yang dilarang mengkonsumsi daging, sementara sisanya sebesar 30% dari penduduk India adalah pemakan daging. Berikut akan diberikan 5 jenis hidangan khas ala India yang paling lezat, simak bersama – sama ulasan di bawah ini :

1). Masakan dari India Utara. Pada umumnya memakai bahan dasar seperti susu, daging kambing, biri – biri muda, ayam, kentang, keju (paneer), jamur dan kacang kuda. Jenisnya beragam, ada samosa yaitu makanan ringan dari India Utara dan saat ini sudah menyebar ke Asia Tengah, Amerika Utara, Britain, dan Timur Tengah, berupa kentang rebus atau digoreng, daging cincang, jamur dan kacang kuda sebagai garnis yang dibalur dengan saus dari rempah asli India. Masakan lain adalah roti asas gandum merupakan roti dari tepung gandum yang dibakar dengan cara menempelkan pada tempayan dari tanah liat (tandoor) lalu diolesi mentega atau minyak sapi, jenisnya ada dua yaitu paratha dan kulcha, dimakan dengan cara unik, bersama kuah kare atau ayam tandoori. Roti jenis lain adalah roti tempayan atau naan. Hidangan ringan lainnya adalah minuman dari bahan dasar teh, beberapa jenis acar, gula - gula atau permen seperti gulab jamun, jalebi, peda, petha, rewadi, gajak, bal mithai, singori, kulfi, falooda, khaja, ras malai, dan gulkand. Hidangan ketiga adalah kebab atau steak ala India berasal dari daging kambing atau biri – biri muda yang diberi bumbu khusus dari India dan berasa sangat pedas. Masakan India Utara hampir mirip dengan masakan dari Pakistan.

 
2). Masakan dari India Timur. Pada umumnya terkenal dari jenis hidangan pencuci mulut yang berasa sangat manis seperti rasagolla, chumchum, sandesh, rasabali, chhena poda, chhena gaja, chhena jalebi dan kheeri. Saat ini, hidangan penutup khas India Timur telah menyebar ke India Utara terutama pada daerah yang berpenduduk heterogen seperti Bengal dan Orissa. Hidangan lain adalah jenis masakan kare merupakan masakan berkuah dari sayur kentang dan sayuran khas India lainnya yang dimasak bersama bumbu khas India berupa rempah – rempah yang sangat kental dan daging kambing atau ikan laut. Jenis kari tersebut adalah kari oriya, kari bengal, dan kari assam, rempah – rempah yang dipakai sebagai penyedap adalah biji sawi, jintan putih, nigella, cili hijau, pes jintan putih dam campuran rempah panch phoron atau panch phutana. Pes biji sawi, curd, kacang, pes benih poppy dan pes gajus dimasak bersama dengan minyak biji sawi, ada yang berasa biasa, agak pedas dan sangat pedas. Hidangan kari pada umumnya disantap bersama dengan nasi putih atau ghonto (nasi rempah) sebagai sarapan pagi penduduk setempat.

Juga banyak terdapat hidangan seafood berupa ikan dan kerang – kerangan, hidangan sayur orissa, sayur dalma, dan sayur santula merupakan sayur – sayuran khas India yang dimasak dengan cara digoreng dengan campuran rempah – rempah khas India yang berasa ramai. Masakan Bangladesh adalah aneka hidangan lezat dan pedas yang menyerupai masakan India Timur, khususnya dari West Bengal.

3). Masakan dari India Selatan. Merupakan aneka hidangan seafood dari jenis udang dan tuna, masakan dari siput ala Perancis, dan kari daging kambing, mudah dijumpai pada pedagang di pinggir jalan kota Malabar, India Selatan.
Itulah 3 jenis hidangan khas India yang paling lezat dan sangat mudah dijumpai di seluruh dunia. Karena masakan India merupakan salah satu hidangan yang cocok untuk lidah semua penggemarnya.



Contributed by Nila, Copyright 2014
Lensa Pelancong

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India