Lensa Pelancong : Pariwisata, Rental Mobil, Travel Agent, Hotel, Kuliner, Restoran | Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Candi, Wisata Sejarah, Wisata Religi dll Portal Media untuk Nusantara

INDIA PUNYA MILKSHAKE SANGAT ENAK

  


INDIA PUNYA MILKSHAKE SANGAT ENAK
Susu kocok (dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah milkshake) merupakan salah satu minuman dingin yang terbuat dari campuran susu, es batu, krim dan sirup buah kemudian dimasukkan ke dalam gelas pengocok bertutup dari aluminium yang disebut dengan istilah shaker. Semua bahan dikocok hingga berbusa. Selain dikocok dengan shaker, milkshake dapat pula diblender dengan tambahan bahan – bahan lain seperti buah – buahan segar. Di negeri asalnya, Britania Raya, susu kocok hanya dibuat dari susu yang tercampur oleh sari buah segar atau cokelat.

Menurut anggapan orang Amerika Serikat, susu kocok pada awalnya dibuat dari bahan susu cair, es krim, buah segar atau cokelat. Tetapi orang Amerika Serikat yang tinggal di Rhode Island atau yang bertetangga dengan negara bagian Massachusetts, susu kocok dibuat tanpa es krim, hanya susu cair murni yang dikocok dengan campuran sirop berperasa buah atau vanila. Susu kocok yang menggunakan es krim disebut cabinet karena jaman dahulu hidangan ini dibuat dengan mesin pengocok berbentuk sebuah peti kecil (cabinet). Di negara bagian New England, susu kocok yang dibuat dengan campuran bahan es krim adalah disebut dengan istilah velvet atau frappe yang artinya sejenis minuman es atau dalam bahasa Perancis frappé berarti memakai es untuk mendinginkan dan membekukan cairan yang ada.

Di India, terdapat juga minuman jenis milkshake yang sangat enak sehingga banyak memiliki penggemar dari para pelancong mancanegara. Milkshake ini dari jenis lassi. Bahan – bahan yang digunakan terdengar familiar bagi para wisatawan mancanegara karena memang milkshake pada umumnya mempunyai bahan – bahan yang sama. Namun, lassi ini memiliki penyajian atau sentuhan yang sedikit berbeda karena rempah – rempahnya khas India.

Disarankan, jika anda berlibur ke India, sempatkan buat berkunjung ke New Delhi dan melihat toko atau kios yang bertuliskan Lassi Wala, cobalah untuk mampir dan pesan salah satu minuman milkshake dari jenis lassi. Dijamin lidah anda akan ketagihan, apalagi kalau dinikmati ketika musim panas tiba. Yang menjadi minuman favorit adalah strawberry lassi dan telah mampu mengalahkan kelezatan dari milkshake vanila terutama untuk para turis dari New York City.

  
Lassi adalah minuman yang umum dan mudah dijumpai di negara Pakistan dan India. Salah satu bahan utama lassi adalah buah – buahan segar, namun yang membuat minuman ini unik adalah penambahan yoghurt dan rempah - rempah (seperti bubuk kayu manis, bubuk lada dan bubuk pala). Anda dapat menggunakan plain yoghurt supaya hasil campuran menjadi lebih nikmat dan menyehatkan tubuh. Juga, anda harus berhati – hati di dalam memilih buah – buahan segar, pilih yang bercita rasa manis dan tidak terlalu matang sehingga dapat mengurangi pemakaian sirup, gula atau madu ke dalam lassi. 

Proses pembuatan lassi adalah : masukkan potongan buah – buahan segar, yoghurt dan es batu ke dalam tabung blender. Proses sampai menjadi lembut dan sajikan. Taburkan rempah - rempah di atasnya. Selamat menikmati.

            
Contributed by Nila, Copyright 2014
Lensa Pelancong                                                                                    


0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India