Lensa Pelancong : Pariwisata, Rental Mobil, Travel Agent, Hotel, Kuliner, Restoran | Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Candi, Wisata Sejarah, Wisata Religi dll Portal Media untuk Nusantara

MENGENAL SI MANIS : BUAH MATOA JAYAPURA




MENGENAL SI MANIS : BUAH MATOA JAYAPURA
Kota Jayapura merupakan daerah yang terletak paling timur wilayah kepulauan Indonesia, terbagi dalam 39 desa 5 kecamatan, diantaranya kecamatan Muara Tami, kecamatan Adepura, kecamatan Heram, kecamatan Jayapura Selatan dan kecamatan Jayapura Utara. Sektor terpenting yang paling banyak terdapat di kota ini adalah sektor pertanian dan jasa. Sektor pertanian merupakan komoditi unggul seperti tanaman perkebunan dengan khusus pengembangan dan budidaya tanaman kakao, kelapa sawit dan kelapa. Sub sektor pertanian komoditi yang sering dibudidayakan disini adalah jagung dan ubi kayu. Disamping itu jasa pariwisata juga merupakan sektor perekonomian penting yang akhir - akhir ini banyak dikembangkan terutama wisata alam seperti mengenal si manis : buah matoa Jayapura.
Jika anda mendapatkan kesempatan untuk berlibur ke kota Jayapura, sempatkan untuk menikmati beberapa wisata kecil yang hampir terlupakan oleh kita sebagai wisatawan lokal dan turis asing. Salah satunya adalah wisata berburu buah matoa yang merupakan satu - satunya buah asli dari kota Jayapura. Matoa (Pometia Pinnata) merupakan pohon khas yang tumbuh di dataran tinggi Papua, termasuk ke dalam kategori pohon besar, mempunyai tinggi rata - rata 18 meter dan berdiameter rata - rata maksimum 100 cm. Biasanya mempunyai masa panen hanya sekali dalam setahun. Mulai berbunga pada awal bulan Juli sampai akhir bulan Oktober dan berbuah 3 atau 4 bulan setelahnya.
Pohon ini tumbuh baik pada daerah dengan kondisi tanah kering (mudah menyerap air, tidak tergenang) dan memiliki lapisan tanah cukup tebal. Iklim yang cocok untuk tanaman ini adalah beriklim rata - rata curah hujan mencapai (>1200 mm/tahun). Matoa sendiri dikenal mempunyai 2 jenis/spesies yaitu matoa kelapa dan matoa papeda. Kalau matoa kelapa terdapat tekstur daging buah yang kenyal, rasa lebih manis seperti buah rambutan Aceh sedangkan matoa papeda adalah buah matoa dengan daging buah agak lembek dan lengket, rasa tergantung panen, jika gagal berasa sedikit asam. Tanaman ini dikenal sebagai pohon asli Papua yang paling mudah beraptasi dengan cuaca panas maupun dingin, disamping tahan terhadap beberapa jenis serangga perusak buah sehingga termasuk salah satu tumbuhan yang mudah pemeliharaannya.
Meskipun budidaya pohon ini sangat mudah tetapi termasuk salah satu buah langka, hanya mudah ditemukan dan banyak dijual di kota Jayapura terutama daerah pinggiran jalan raya Sentani, seorang mamak siap menjual buah matoa kelapa dan matoa papeda dengan timbangan per kilonya rata - rata Rp.65.000,- kemudian buah yang sudah dibeli akan dimasukkan ke dalam kantung plastik sesuai jenisnya.
  
Itu adalah harga buah matoa jenis papeda dengan ukuran jumbo alias panen berhasil. Terdengar cukup mahal bukan ? Tetapi jika anda hendak membeli buah matoa kelapa, harganya sedikit  lebih mahal untuk yang berukuran jumbo, per satu kilogram matoa kelapa dipatok seharga Rp.130.000,-. Untuk wisatawan di luar daerah apalagi turis mancanegara, biasanya mereka menjual buah - buah matoa tersebut dalam sistem borongan yaitu satu karung buah matoa ukuran jumbo dengan hasil panen bagus yaitu kurang lebih 30 kg, anda dikenakan harga Rp. 5 juta.
Bagaimana memetik buah ini ? Pohon matoa banyak dijumpai di tengah hutan, jadi jika musim panen tiba, pemetik buah bersiap - siap secara grup menuju hutan untuk memanen buah - buahan tersebut. Perlengkapannya hanya karung - karung yang telah rapi dimasukkan ke dalam truk pengangkut buah matoa. Antara bulan Agustus - November adalah musim panen buah matoa, dimana - mana terutama pasar - pasar tradisional akan banyak dijumpai buah ini dari harga termurah hingga paling mahal tergantung dari hasil panen.
Tekstur buah yang lembut, daging banyak mengandung air, rasa yang unik dan mempunyai kulit luar yang keras menjadikan buah ini tahan lama sehingga membuat banyak orang yang senang mengkonsumsi buah matoa sebagai salah satu buah yang banyak mengandung vitamin, jadi untuk buah tangan anda jalan - jalan ke kota Jayapura, tidak ada salahnya memilih buah ini.
Jangan lupa, berburu buah matoa saat panen buah tiba dan tentunya ketika anda berkunjung ke Jayapura, ya !



 Contributed by : Nila
 Published of Lensa Pelancong, Copyright 14



0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India