Lensa Pelancong : Pariwisata, Rental Mobil, Travel Agent, Hotel, Kuliner, Restoran | Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Candi, Wisata Sejarah, Wisata Religi dll Portal Media untuk Nusantara

DANAU BATUR, BALI

DANAU BATUR, BALI








DANAU BATUR        

Objek wisata danau Batur merupakan obyek wisata yang berlokasi di desa Batur, kecamatan Kintamani, kabupaten Bangli, Bali. Pesona alam dari keindahan gunung Batur adalah objek utama yang ditawarkan kepada para wisatawan lokal dan turis mancanegara yang sedang berlibur ke pulau Dewata. Dan memang kawasan wisata ini sangat indah meskipun masih berlatarbelakang budaya masyarakat Bali asli yang sangat kental.

Melakukan tur ke kawasan wisata untuk holiday dapat anda tempuh melalui kota Denpasar, diperlukan waktu 2 jam dengan rent car menuju ke lokasi.

Dari sejarahnya, anda bisa mengetahui tentang cerita – cerita menarik berlatar keindahan alam dan keunikan budaya dari pulau Bali bahwa pada jaman dahulu tempat ini mempunyai sebuah pura yang disebut pura Batur, dipercaya oleh masyarakat Bali sebagai istana dari wujud Tuhan berupa Dewi Danu yang berfungsi menjaga kesuburan tanah pertanian dan kesejahteraan rakyat di sekitar danau Batur, dimana menurut kepercayaan Hindu, pura ini sudah ada sejak zaman Empu Kuturan menyebarkan agama Hindu ke pulau Bali pada abad ke 10 sampai permulaan abad ke 11. Juga, pura Batur sering dipakai untuk tempat pertemuan beberapa raja - raja yang berkuasa di Bali guna membicarakan tentang kesejahteraan rakyat di Bali pada umumnya. Penghormatan rakyat terhadap mereka, dibangunlah beberapa pelinggih - pelinggih (tempat suci dalam ukuran kecil) di dalam area pura sehingga menjadikan pura Batur sebagai salah satu pura Kahyangan Jagad.

Hal unik lain yang bisa anda lihat di daerah wisata ini adalah komunitas kecil sebuah desa dengan peradaban kuno yaitu desa tradisional Bali asli yang bernama desa Trunyan. Masyarakatnya tinggal di dalam rumah yang berarsitektur khas Bali yaitu sebuah rumah yang dibangun dalam bentuk sederhana namun tetap terlihat cantik karena beberapa hiasan berupa ukiran dan patung Bali serta di masing – masing rumah terdapat sebuah sanggah yaitu tempat suci suatu keluarga Bali melakukan persembahyangan. Di pekarangan rumah mereka, selain ditemukan bunga – bunga khas Bali seperti Kamboja, Cempaka, Kenanga dan Pandan Harum, juga banyak tumbuh subur sebuah pohon yang secara biologi mengeluarkan bau wangi setiap pagi hari atau menjelang malam. Pohon ini disebut dengan pohon Menyan atau Taru Menyan, dimana bau wanginya mampu mengalahkan bau – bau busuk di sekitar tempat tinggal mereka seperti dari bau tumpukan sampah busuk atau kotoran hewan peliharaan seperti babi, bebek, atau ayam. Sehingga suasana selalu terasa magis apalagi pada hari raya keagamaan yaitu Galungan dan Kuningan, bau wangi dari pohon Menyan yang bercampur dengan aroma harum dupa, beragam bunga dan orang – orang Bali yang sibuk melakukan aktifitas sembahyang di sanggah atau ke pura Batur, menambah nilai tersendiri bagi keunikan desa adat Bali Trunyan yang membuat para wisatawan terutama turis asing senang berkunjung ke tempat ini.


Apabila anda lelah mengadakan tur keliling desa wisata Trunyan, waktu istirahat anda dapat dilakukan dengan acara paling menarik yaitu makan siang di beberapa restoran yang berjejer rapi di sepanjang jalan raya kawasan wisata Kintamani. 3 Makanan asli Bali yang wajib anda cicipi adalah ayam betutu Bali, sate lilit dari ikan laut dan nasi jenggo (khusus untuk anda yang malas mampir ke restoran karena terlalu sibuk dalam aktifitas holiday mengelilingi desa adat Trunyan dan keindahan danau serta gunung Batur). Jangan lupa mencoba segelas minuman khas Bali yang disebut dengan loloh, berasa segar dari kombinasi beberapa daun herbal untuk kesehatan tubuh, air kelapa muda dan jeruk nipis. Ditambah dengan es batu, dijamin makan siang anda menjadi lahap.
Selamat berlibur !





Contibuted by Nila, Copyright 2014
Lensa Pelancong

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India