Lensa Pelancong : Pariwisata, Rental Mobil, Travel Agent, Hotel, Kuliner, Restoran | Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Candi, Wisata Sejarah, Wisata Religi dll Portal Media untuk Nusantara

Provinsi Lampung

Provinsi Lampung




Provinsi Lampung yang terletak di ujung selatan Pulau Sumatera merupakan salah satu wilayah yang paling menarik di Indonesia namun justru yang paling sedikit diketahui oleh wisatawan Nusantara. Dibandingkan dengan provinsi lain di Sumatera maka Lampung adalah wilayah yang memperoleh pengaruh paling kuat dari Jawa, khususnya Jakarta. Kenapa ?


  Hal ini disebabkan karena posisi Lampung yang sangat dekat dengan Jawa, hanya dipisahkan oleh Selat Sunda sejauh kurang dari 30 Km.

  Pada masa sebelum kemerdekaan, Lampung dikenal sebagai wilayah yang memiliki penduduk sangat jarang, namun sejak tiga dekade yang lalu penduduk daerah ini meningkat dengan sangat pesat dari hanya 2,5 juta jiwa menjadi delapan juta jiwa saat ini.

  Lampung bahkan telah menjadi wilayah dengan tingkat pertumbuhan penduduk tertinggi di Indonesia. Sebagian besar penduduk Lampung tinggal di sekitar Bandarlampung dan di wilayah pemukiman transmigrasi yang berada di wilayah timur Lampung .

  Saat ini hanya 10 juta penduduk Lampung ( dta 2004) yang merupakan keturunan penduduk asli. Penduduk asli Lampung terdiri dari tiga kelompok masyarakat yaitu Orang Abung yang berasal dari daerah pegunungan di sebelah barat Lampung, Orang Pubian yang berada di kawasan dataran rendah di bagian timur Lampung, Orang Peminggir yang berasal dari kawasan pantai selatan Lampung yaitu Teluk Lampungdan Teluk Semangka.

  Penduduk asli Lampung ini umumnya berbicara dlaam dua bahasa daerah yaitu bahasa Komering dan Bahasa Lampung, namun karena kehadiran begitu banyak pendatang dari Jawa, sebagian penduduk asli ini pun pandai berbahasa Jawa dan Sunda.



Informasi Pariwisata Nusantara Book, Source
Lensa Pelancong


'' Setelah membaca ulasan kilas tentang Provinsi Lampung, apa pendapat anda ? ''

0 komentar:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India