Lensa Pelancong : Pariwisata, Rental Mobil, Travel Agent, Hotel, Kuliner, Restoran | Wisata Alam, Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Candi, Wisata Sejarah, Wisata Religi dll Portal Media untuk Nusantara

Semarang dan Obyek Wisatanya

SEMARANG

Semarang adalah ibukota provinsi Jawa Tengah yang merupakan kota pelabuhan utama  di pantai utara Jawa Tengah dengan penduduk sekitar 1.4 juta. Semarang memiliki ciri lebih kuat sebagai kota bisnis dan perdagangan daripada sebagai kota wisata, Namun kota ini memiliki dua obyek wisata yang menarik yaitu kota tua-nya dan rumah ibadat Cina Gedung Batu.

  Semarang secara umum terdiri atas dua bagian yaitu Kota tua Semarang yang sebagaian besar terletak di kawasan dataran pantai dan diapit oleh dua saluran (kanal) banjir serta Kota baru Semarang yang terletak menyebar di bagian selaytan dari Bukit Candi. Di kota tua Semarang terdapat kawasan menarik untuk di kunjungi yaitu Gereja Blenduk. Gereja Blenduk merupakan peninggalan Belanda yang terletak di Jl. Let Jen Suprapto. Gereja tersebut dibangun pada tahun 1753 dan sampai sekarang masih tetap berfungsi sebagai tempat ibadah.

  Salah satu kota di Indonesia yang memiliki karakter Cina yang sangat kuat adalah termasuknya kota Semarang. Di Semarang juga terdapat kawasan pecinaan ( Chinatown ) yang memiliki rumah ibadat cina, Tay kak Sie, di J. Lombok yang di bangun pada tahun 1772 yang merupakan salah satu rumah ibadat cina yang terbaik di Indonesia.

 Ada apa di Semarang

Gedung Batu
Rumah ibadat Cina Sam Po Kong atau disebut juga Gedung Batu yang terletak lebih kurang 5 km dari pusat kota Semarang ke arah barat daya.

Puri Maerokoco
Puri maerokoco sering disebut sebagai ‘taman mini’nya Semarang yang menampilkan aneka bangunan adat dari berbagai kabupaten yang ada di Jawa Tengah. Puri maerokoco sangat bagus untuk dikunjungi guna menambah wawasan mengenai adat dan kebudayaan Jawa Tengah secara lebih mendalam.

Jamu
Semarang terkenal dengan Industri jamunya antara lain Jamu Nyonya Meneer dan Jamu jago. Jamu Nyonya Meneer terletak di Jl. Raya Kaligawe, km 4, di dekat terminal bus sedangkan Jamu jago terletak di Jl. Setia Budi 273 sekitar 6 km dari pusat kota Semarang.

Tugu Muda
 Tugu Muda adalah monumen berbentuk lilin yang terletak di ujung selatan Jl. Pemuda. Tugu ini dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Semarang selama lima hari melawan tentara Jepang pada bulan oktober 1945.

Simpang Lima
Merupakan kawasan pertemuan dari lima jalan protokol di pusat kota Semarang. Di simpang lima terdapat beberapa pusat perbelanjaan dan hotel-hotel besar.
Museum Ronggowarsito
Museum ini terletak di Jl. Abdurrahman, sekitar 2 km sebelum pelabuhan udara. Museum ini menampilkan aneka barang tua yang berasal dari kabupaten di Jawa Tengah. Museum ini dibuka setiap hari dari jam 8 hingga 14.30 kecuali Senin.



Posted by : Admin



 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Justin Bieber, Gold Price in India